Dampak Bahaya Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan !

Dampak Bahaya Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan !

Dampak Bahaya Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan - Selain makanan dan minuman, tidur juga merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk kita jalankan. Mengistirahatkan tubuh dengan cara tidur yang teratur merupakan aktivitas yang wajib kita lakukan. Seperti tidur pada malam hari sesuai waktunya akan membuat tubuh kita akan terasa segar disaat menyambut datangnya pagi hari, sehingga segala aktivitas yang akan kita jalani hari itu akan berjalan mulus seperti yang di inginkan tanpa adanya rasa malas untuk menghadapi tantangan yang melelahkan.

Nah jika anda kurang tidur pada malam hari , maka semua yang saya jelaskan sebelumnya akan berdampak atau ber akibat terbalik / negatif untuk kesehatan tubuh, dan itu mengakibatkan tubuh mengalami lemah, lesu, letih, lunglai, lelah atau 5L seperti anemia dan semua itu berdampak untuk sulitnya kita berkonsentrasi menjalani aktivitas sehari-hari. Adapun beberapa faktor yang mengakibatkan kurangnya waktu tidur anda dikarenakan mempunyai alasan seperti Menonton televisi, Berkomunikasi dengan teman atau pacar serta kegiatan lainya.

Dampak Bahaya Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan !

Kurangnya tidur pada malam hari memang sangat buruk bagi kesehatan apalagi jika itu sampai mengancam nyawa anda.

Bahaya kurang tidur bagi kesehatan tubuh

1. Kecelakaan KerjaUntuk sobat yang setiap harinya melakukan aktivitas seperti berkendara menggunakan sepeda motor maupun mobil, maka anda harus mempunyai jadwal istirahat yang cukup pada malam hari. Jika tidak, maka ini bisa sangat membahayakan nyawa anda. Seperti sebuah penelitian di negara Amerika menginformasikan bahwa kulitas istirahat yang renda dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan ataupun cedera.

2. Menurunya konsentrasi berpikir
Untuk anda seorang pelajar dan pekerja yang selalu menggunakan pikiran atau otak untuk bekerja, Jika anda kurang tidur akan terganggunya daya konsentrasi disaat belajar ataupun bekerja dan mengakibatkan terjadinya penyakit stress.

3. Penyakit Mematikan
Kurang tidur sangat penting anda ketahui dikarenakan akan membuat dampak yang buruk mengancam jiwa anda, seperti penyakit mematikan ( seperti strok, penyakit jantung, diabetes serta darah tinggi ) akan mudah menyerang pertahanan tubuh anda. Pasti setiap manusia tidak akan mau hal itu terjadi pada tubuhnya.

4. Emosional
Sering marah tak jelas merupakan salah satu faktor kurangnya waktu tidur anda pada malam hari selain itu Murung dan terlihat stress juga terjadi dikarenakan hal tersebut.

5. Buruk bagi kesehatan mata dan kulit
Hal ini mengakibatkan kulit tampak pucat, kusam dan kerutan halus akan terlihat pada kulit. Selain itu juga akan mengakibatkan mata membengkak serta kantong mata terlihat hitam.

6. Pelupa
Merasa lupa meletakan barang-barang yang disimpan sendiri dan susah konsentrasi untuk mengingat kembali hal yang terjadi sebelumnya.

7. Obesitas dan kegemukan
Beberapa sumber menyebutkan kurang tidur merupakan salah satu cara mengurangi berat badan, jelas hal ini bertolak belakang dengan jawaban tersebut. Disaat kita begadang pada malam hari maka hasrat atau nafsu ingin melahap makanan akan meningkat, sehingga akan membuat perut terasa kelaparan dan ingin mengunyah makanan. Kebiasaan ngemil pada malam hari bisa menjadi salah satu alasan yang mengakibatkan kegemukan atau obesitas.

Akibat kurang Tidur lainya
1. Gairah seks menurun
2. Lebih sulit berolahraga
3. Menyebabkan depresi
4. Meningkatkan resiko terserang penyakit kanker
5. Resiko diabetes meningkat
6. Resiko terserang penyakit stroke
7. Daya tahan tubuh lemah
8. Suhu tubuh rendah
9. Meningkatkan resiko kematian

Nah itulah berbagai macam resiko kurang tidur bagi kesehatan, Jika anda sudah mengetahuinya makan mulailah hidup sehat dan teratur dari sekarang. Sayangi kesehatan anda karena sehat itu tak ternilai harganya.

Saya merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, berwatak keras kepala dan sangat mencintai dunia blogging serta desain.
"Love My Mom"

Previous
Next Post »