Mengatasi Play Store Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Dengan Gampang

Mengatasi Play Store Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Dengan Gampang

Cara Mengatasi Play Store tidak dapat mendownload aplikasi - Baiklah kali in kabarlangit akan memberikan tips ataupun trik mengenai kendala Play Store yang Tidak Bisa download Aplikasi, mungkin tips ini sedikit jadul bagi pengguna android yang sudah lama tapi tak apalah barangkali masih banyak teman droidersyang saat ini masih terkendala dengan Toko Aplikasi untuk android tersebut.

Play Store merupakan Toko Aplikasi yang dinahkodai oleh Google, pengembang sistem operasi ponsel android dapat kita jumpai disini,  tujuanya tersebut sengaja untuk memudahkan proses pengembang dan juga pengayaan fitur bagi ponsel android anda. Play Store merupakan toko yang tidak seperti kebanyakan toko yang terdapat pada dunia nyata yang setiap barang kita inginkan harus bayar, Tetapi di Play Store anda dapat menemukan aplikasi-aplikasi yang anda inginkan secara gratis maupun dengan berbayar.

Play Store sampai saat ini masih menjadi toko aplikasi terbaik untuk android. Tak salah, dikarenakan alasanya play store menyediakan beribu-ribu bahkan berjuta-juta aplikasi. Seperti yang saya kutip dari data The Verge tahun 2013, jumlah aplikasi yang terdapat pada Play Store saat itu jumlahnya bertotal 1 Juta aplikasi, bayangkan saja jumlahnya di tahun 2015 ini.

Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Karena Error, Crash, dll
Jika anda tertarik dan sudah tak sabaran lagi, silahkan ikuti Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi berikut yang telah saya sediakan di bawah.
  1. Mencocokkan Jam pada Ponsel anda
    Waktu menjai salah satu kendala kenapa Play Store yang tidak dapat membuka atau Jaringan bermasalah. Nah saran saya pada ponsel yang anda miliki sebaiknya sesuaikan format dengan waktu jaringan, caranya dengan masuk ke Pengaturan => Waktu => Sesuaikan Jaringan.
  2. Hapus Cache Play Store Cache
    Pada cache browser android anda juga mempengaruhi gagalnya disaat mengunduh aplikasi dengan Play Store. Mengatasinya dengan masuk ke pengaturan => Aplikasi => Google Play Store => Hapus Cache. Setelah selesai menghapus cache, seaiknya cobalah untuk masuk ke aplikasi Play Store dan coba lakukan kembali untuk unduh aplikasi.
  3. Periksa Ruang Kosong Memori
    Ruang memori mempunyai pengaruh besar dalam penyebab Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi, oleh karena itu cobalah anda cek dahulu space kosong yang ada di dalam memori internal android anda. Caranya masuk ke menu pengaturan => Penyimpanan => Perhatikan Space kosong. Apabila memang kurang mencukupi, disarankan untuk meng-uninstall aplikasi yang tidak terlalu berguna untuk digunakan. Setelah itu cobalah masuk ke Play Store dan coba mulai mengunduh.
  4. Test Koneksi Internet
    Koneksi internet merupakan faktor paling penting dan juga pengaruh kenapa tidak dapat mengunduh, dikarenakan saat anda membuka dan mulai mengunduh aplikasi haruslah memerlukan koneksi serta kuota. Sebaiknya anda saya sarankan untuk mengecek paket data dan kuota anda terlebih dahulu.
  5. Test Menggunakan provider lainnya atau Menggunakan Wifi
    Terkadang memang provider yang anda pakai tidak dapat melakukan pengunduhan, ataupun kuota anda yang telah limit. Saran saya sebelum melangkah lebih jauh sampai melakukan Install Ulang, Factory Reset, serta flashing, lebih baik anda test dahulu menggunakan provider lain atau menggunakan jaringan Wi-Fi. 
  6. Reboot Ponsel
    Reboot atau matikan lalu anda nyalakan kembali ponsel yang anda punya, selanjutnya coba kembali melakukan mengunduh aplikasi. 
  7. Install ulang Aplikasi Google Play Store
    Nah Bila dari salah satu cara yang saya berikan diatas tidak ada yang berhasil, silahkan anda menginstall ulang App Play Store dan unduh kembali dengan mencarinya di Search Engine lalu menginstallnya kembali. 
  8. Factory Riset (Setelah-Pabrikan)
    Bila cara-cara diatas tidak ada yang berhasil juga maka anda dapat mengembalikan seluruh data dan pengaturan ke setelan pabrikan. ( Catatan : ponsel yang anda miliki data-datanya akan hilang dan kembali seperti disaat anda pertama kali membeli ponsel tersebut)
  9. Ganti ROM
    Cara ini merupakan alternatif terakhir dari semua cara yang saya berikan. Bilamana dari ke delapan trik diatas tidak ada yang berhasil, maka anda dapat melakukan flashing ROM pada android anda.
Nah saya rasa janya itu saja tips dan trik untuk Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi dan semoga saja artikel yang saya bagikan kali ini dapat membantu anda para droiders.

Saya merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, berwatak keras kepala dan sangat mencintai dunia blogging serta desain.
"Love My Mom"

Previous
Next Post »