Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas SEO

Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas SEO

Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas SEO sebenarnya bukanlah perkara yang sulit jika kita mau belajar dan menerapkanya dengan teliti untuk situs blog kita. Kemarin ketika saya blogwalking ke blog tetangga yang menyediakan tips seo lengkap untuk pemula, banyak para blogger yang bertanya tentang bagaimana cara mendapatkan backlink.

Sebelum saya melanjutkan artikel saya ini ada kalanya saya memberikan dan menjelaskan mengenai apa apa saja yang penting anda ketahui sebelum mulai menerapkan cara backlink ini di blog sobat.

Tehnik SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimationizatio atau tehnik yang di lakukan si pengguna blog untuk mengoptimasi setiap artikel blognya agar tampil di peringkat pertama search engine. Tehnik seo dibagi menjadi 2 bagian yaitu Seo on page dan off page, tapi disini saya hanya menjelaskan tehnik off page saja.

Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas

Bagaimana cara kerja SEO Off Page tersebut ?

Backlink merupakan salah satu kegiatan yank dilakukan admin blog untuk memberitahukan gambaran mengenai konten blog yang dimilikinya, apakah web atau blog tersebut sudah pantas menduduki posisi teratas atau tidak..

Sebagai catatan agar trik ini berjalan sempurna di blog anda, sebaiknya anda memasang backlink dengan menggunakan anchor text dan keyword yang di target. Contoh sederhana untuk tips menggunakan backlink building berdasarkan niche blog :

Apabila situs blog anda menggunakan topik mengenai kesehatan sebaiknya anda menerapkan backlink ke blog/web yang bertopik kesehatan juga agar backlik terpasang lebih relevan dengan blog yank anda kerjakan.

Istilah Istilah Menanam Backlink

  • Backlink : Link yang berasal dari situs web lain yang mengarah ke halaman blog kita.
  • Backlink Berkualitas : Artinya sama dengan Backlink hanya saja backlink ini berasal dari website yang memiliki reputasi baik di search engine.
  • Anchor Text : Text atau kalimat yang ditanam link didalamnya untuk mengarah ke suatu halaman web.
  • Pagerank : Algoritma google sebagai tolak ukur mengetahui seberapa penting suatu website berdasarkan inbound link.

Menggunakan 6 Cara untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Agar bisa memperoleh hasil menanam backlink yang berkualitas kita dapat memanfaatkan beberapa situ seperti website artikel direktori, media sosial, social bookmark, forum signature maupun blog dummy untuk mendapatkan backlink tersebut. Baiklah saya akan menjelaskan ebih detailnya lagi untuk cara mendapatkan backlink berkualitas tersebut.

1. Media Sosial

Social media kini bukan lagi media sebagai sarana untuk berbagi dan berkumpul dengan berchating ria bersama teman dan sanak saudara, melainkan sosial media kini bisa kita manfaatkan sebagai sarana memperoleh backlink. Manfaat sosial media untuk para blogger ini sangat berperan penting untuk membantu artikel kita ke publik dan membantu artikel lebih cepat terindeks. Saran dari saya sebaiknya anda teratur untuk berbagi Link / URL blog maupun web yang anda kelola ke sosial media. Banyak media sosial yank bisa anda manfaatkan seperti Google plus, Twitter, Pinterest dan Facebook.

2. Social Bookmarking

Pengertian dari social bookmarking ini adalah sebuah website yang memungkinkan para pengguna layanan internet untuk membookmark suatu situs dengan cara online. Ciptakan beberapa frase kalimat inti postingan anda dan selipkan URL blog anda selanjutnya anda bookmark. Nah, berikut daftar situs bookmark online berkualitas

Internasional
  1. dig.com
  2. digg.com
  3. stumbleupon.com
  4. conotea.com
  5. scoop.it
  6. reddit.com
  7. furl.net
  8. propeller.com
  9. fsdaily.com
  10. citeulike.com
  11. folkd.com
  12. technorati.com

Lokal
  1. perdetik.com
  2. lintasblog.in
  3. lintas.me
  4. pusatseo.com
  5. bookmark.dewaseo.com
Social bookmarking merupakan trik yang tepat digunakan bagu pemula yang merintis SEO off page.

3. Forum Signature

Forum signature adalah 1 dari sekian banyak cara melakukan tehnik SEO off page, cara kerjanya ialah menanam backlink ke profile from signature. Saya menyarankan untuk menanam backlink tersebut dengan menggunakan anchor text dilengkapi keyword yang ditargetkan. Berikut daftar forum signature untuk SEO off Page menanam backlink berkualitas.

  1. forum.kompas.com
  2. forum.antaranews.com
  3. bersosial.com
  4. lautanindonesia.com
  5. kaskus.com
  6. indonesiaindonesia.com
  7. ads-id.com
  8. forumbebas.com
  9. diskusiandroid.com
  10. forumjuanbeli.co.id

4. Artikel Direktori

Situs web yang berisi artikel dari beberapa sumber atau kontributor disebut dengan Artikel Direktori. Banyak penyedia layanan artikel direktori untuk mengirim artikel kita ke direktori tersebut. Tetapi ada direktori yang tidak menerima sembarangan artikel, seperti artikel haruslah lebih dahulu di persetujui admin lebih dahulu. Tips dari saya sebaiknya anda menciptakan sebuah artikel fresh dengan jumlah 300-500 kata didalamnya dan sematkan anchor text untuk web/blog anda. Berikut beberapa alamat artikel direktori berkualitas.

  1. ezinearticles.com
  2. ehow.com
  3. squidoo.com
  4. hubpages.com
  5. articlebase.com
  6. buzzle.com
  7. helium.com
  8. examiner.com
  9. technorati.com
  10. selfgrowth.com

5. Backlink Profile

Pada tips yang kelima dari artikel backlink berkualitas yaitu menanam backlink ke website profile. Tehnik agar bisa mendapatkan backlink melalui website profile caranya sangatlah mudah, Pertama anda mendaftar lebih dahulu pada website tersebut, kemudian anda buka bagian profil lalu bagian edit. Nah ketika anda mengisi data diri sebaiknya anda jangan lupa untuk menyelipkan URL blog yank anda miliki. Berikut beberapa alamat URL untuk menanam backlink profile

  1. blogger.com
  2. wordpress.com
  3. vimeo.com
  4. foursquare.com
  5. issuu.com
  6. xing.com
  7. flickr.com
  8. ted.com
  9. delicious.com
  10. dailykos.com
  11. zotero.org
  12. twitpic.com
  13. devianart.com
  14. hunch.com
  15. care2.com
  16. mixcloud.com
  17. clashe.com
  18. zooppa.com
  19. culinate.com
  20. myspace.com

6. Blog Comment

Ciri-ciri backlink berkualitas untuk blog comment adalah salah satu trik yang sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi anda harus ingat bahwa backlink yang ingin anda tanamkan sebaiknya berada di web yank berpagerank tinggi agar lebih mendongkrak ranking blog anda di search engine. Silahkan iktui trik backlink menggunakan tehnik footprint berikut

1. Copy footprint dibawah pada search engine.

2. Penuhilah kriteria backlink berkualitas seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Agar anda dapat mengetahui pagerank suatu blog anda dapat menggunakan Add on pagerank status, sedangkan untuk mengecek PA/DA pergunakanlah bantuan add on seo moz di browser anda.

3. Selanjutnya pilihlah sumber backlink yang tepat untuk topik atau niche blog anda agar mendapat sumber backlink yang berkualitas.

4. Langkah terakhir Tanam link website anda (backlink)

Footprint blog comment.
  • site:.com “post a comment”
  • site:.com“comments closed”
  • site:.com “poskan komentar”
  • site:.com “reply to post”
  • site:.com “leave comment”
  • site:.org “poskan komentar”
  • site:.blogspot.com “poskan komentar”
  • site:.wordpress.com “post a comment”
  • site:.edu “post a comment”
  • site:.edu “comments closed”
  • site:.edu “you must be logged in”
  • site:.edu “reply to post”
  • site:.edu “leave comment”

TIPS : Supaya backlink terlihat lebih berkualitas dan natural, sebaiknya anda membangun backlink dengan mengatur waktu, variasi dan sumber backlink. Contohnya hari ini anda menanam link menggunakan anchor text menggunakan blog comment berjumlah 10 backlink, kemudian pada besok harinya anda tukar lagi cara menanam backlinknya  seperti 10 backlink di forum, backlink profile atau bertahap seperti 6 trik cara menanam backlink berkualitas yang saya jelaskan diatas.

Saya merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, berwatak keras kepala dan sangat mencintai dunia blogging serta desain.
"Love My Mom"

Previous
Next Post »