Cara Riset Kata Kunci Konten Dengan Tepat

Cara Riset Kata Kunci Konten Dengan Tepat

Bagaimana Cara Riset keyword untuk memilih kata kunci yang tepat adalah faktor utama dalam meningkatkan SEO sebuah blog dengan tepat. Memilih kata kunci atau keyword yang tepat pada artikel blog menjadi tehnik yang harus anda ketahui jika bermain web/blog. Karena jika anda salah memilih keyword untuk artikel anda maka blog yang anda kerjakan akan terlihat sepi bak kuburan.

1. Apa sih Riset Keyword itu ?

Riset kata kunci adalah salah satu tingkatan dari optimasi mesin pencari yang biasa disebut dengan SEO. Riset keyword merupakan teknik terpenting untuk SEO web/blog.

Jadi apabila anda ingin mendapatkan pengunjung yang banyak setiap harinya dari search enggine, sebaiknya langkah awal yang wajib sobat lakukan yaitu riset keyword. Sebenarnya blog anda bisa mendapatkan pengunjung dari search enggine, tetapi dengan hasil yang kurang memuaskan.

Garis bawah dari riset keyword ini sebenarnya mencari kata kunci yang sering dicari pembaca melalui mesin pencari google kemudian melakukan optimasi kata kunci tersebut pada artikel yang ingin kita ciptakan di blog kita.

2. Short and Long Tail Keyword

Riset keyword terbagi atas 2 jenis yaitu keyword dengan short dan long tail keyword. Short tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri dari satu atau dua kata. Contohnya :
  • Software
  • Game
  • Software Terbaru
  • Game Terpopuler
  • dll.
Jenis keyword tersebutlah contoh long tail keyword yang nilai persainganya di mesin pencari sangat tinggi. Jadi sangat sulit untuk kita menghadapi persaingan keyword seperti itu kecuali ilmu SEO yang kita kuasai cukup bisa diandalkan.

Sedangkan long tail keyword adalah jenis kata kunci yang lebih dari 3 kata seperti contoh berikut:
  • Daftar Software Terbaru dan Terpopuler
  • Game Paling Populer Sepanjang Masa
Pertanyaanya : kira-kira jenis apa dari kedua riset keyword yang bagus digunakan ?

Apabila anda baru terjun ke dunia web/blog sebaiknya jenis long tail keyword yang tepat untuk anda pergunakan, karena tingkat persaingan di mesin pencari cenderung lebih dikit sehingga mempermudah kita untuk menempati posisi teratas pada searach enggine.

Kekurangan yang dimiliki long tail keyword ini adalah jumlah trafik yang kita dapatkan tidak sebanyak dengan jumlah trafik dari short tail keyword. Selain itu ide untuk long tail keyword sangatlah sulit untuk menemukan apa yang tepat untuk dipergunakan.

3. Lalu Bagaimana Cara melakukan riset kata kunci ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut disini saya akan berbagi sedikit mengenai cara riset keyword jitu dengan mudah khusus sobat yang sedang membutuhkan, semoga saja tips riset keyword ini bermanfaat agar menemukan kata kunci yang tepat anda gunakan di blog sobat.

Cara yang saya manfaatkan selama ini menggunakan dua tools bernama Ubersuggest dan Google Adwords Keyword Planner, Sebenarnya kita bisa menggunakan satu layanan saja yaitu Google Adwords Keyword Planner, hanya saja keyword yang dihasilkan kurang bervariasi sehingga membutuhkan bantuan dari tools Ubersggest.

Fungsi dari ubersuggest ini sebagai media untuk mempermudah kita menemukan keyword yang bervariasi dari keyword tertarget. Tujuan utama ubersuggest ini untuk menemukan long tail keyword. Sedangkan tugas dari Google Adwords sebagai tempat menganalisis tingkat jumlah pencarian dan persaingan Adversting Adwords ( cocok dipergunakan para pemain google Adsense).

4. Mencari kata kunci Variasi

Teknik pertama yang dilakukan yaitu mencari jenis keyword variasi dari keyword utama. Keyword utama biasanya berupa Short tail keyword yang berkaitan dengan artikel blog yang sedang sobat bahas.

Contohnya jika website atau blog anda membahas seputar Teknologi, maka kata kunci utama bisa seperti berikut:
  • Gadget
  • Internet
  • Software
  • Komputer
  • dan lain sebagainya

Agar menemukan keyword bervariasi dengan keyword utama silahkan anda ikuti tips berikut:

1. Masuk ke http://ubersuggest.org
2. Nanti akan muncul situs dengan iklan di mana-mana. Jangan perhatikan ke bagian iklan, tapi fokuslah pada bagian tengah
Cara Riset Keyword untuk menemukan kata kunci

  • Masukan kata kunci utama atau short tail keyword. contohnya saya memasukkan keyword “Android
  • kemudian Pilih bahasa. contohnya pilihan “Indonesia
  • lalu Masukan CAPTCHA
  • Klik Suggest
3. kemudian akan tampil daftar keyword yang berkaitan atau variasi keyword dari “Android
Cara Riset Keyword

4. Klik “Select All Keywords
Riset Kata Kunci

5. Klik “Get
Mencari Keyword

6. Kemudian sobat copy semua keyword tersenbut dan simpan menggunakan file .txt

Mencari Kata Kunci

5. Menganalisis Jumlah Pencarian Keyword

Langkah selanjutnya yaitu menganalisis jumah pencarian di search enggine dari daftar keyword-keyword yang telah kita dapatkan dari Ubersuggest.
Hal termudah yang dapat kita lakukan yaitu dengan menggunakan Google AdWords Keyword Planner.
Caranya:

1. Masuk ke Google Adwords: Keyword Planner

  • Klik “Get traffic estimates for a list of keywords
  • Upload file keyword yang telah sobat simpan sebelumnya
  • Klik Get estimates
2. Klik “Download
Cari Keyword

Catatan : sebelum mendownload file tersebut anda bisa merubah “Match types” ke “Exact Match” tujuannya untuk menampilakan data yang lebih akurat.

3. Pilih format file .CSV dan klik Download
Download Keyword

4. Lalu Buka file CSV yang telah didownload sebelumnya kemudian silahkan sobat pilih-pilih mana kata kunci yang paling baik berdasarkan jumlah pencarian yang sobat inginkan.

Perlu diketahui bahwa data-data yang ditampilkan dari Google Keywords Planner tidaklah 100% akurat. apabila tertulis jumlah pencarian sebanyak 1000/perbulan, maka bukan jaminan blog sobat akan mendapatkan 1000 visitor perbulan jika berada di peringkat 1 Google. Bisa lebih banyak dan bisa juga lebih kecil.

6. Menganalisis tingkat persaingan

angkah selanjutnya ialdah menganalisis tingkat persaingan di mesain pencari google sesuai dengan SEO yang kita kuasai. Untuk langkah ini kita dapat menggunakan cara manual dengan memanfaatkan Extensi browser seperti SEOQuake atau MozBar.
Anda cukup mengaktifkan salah satu Extensi tersebut dan masukan keyword di pencarian Google :
Persaingan Keyword

Nah di atas ini adalah contoh screenshot hasil pencarian keyword “Android Murah
anda bisa menilai tingkat persaingan berdasarkan dari Rangking Alexa,  Pagerank, Index, dll. dari situs web/blog yang tampil di index utama google.

Beberapa tips untuk menentujab keyword yang persainganya tidak terlalu sulit :
  • Jangan memilih keyword yang dikuasi oleh web-web otoriatas, contohnya: Wikipedia
  • Jangan memilih keyword yang dikuasi web-web dengan tingkat pagerank di atas 5
  • Jangan memilih keyword yang dikuasi web-web dengan jumlah page authority dan domain authority lebih dari 50 (gunakan Extensi MozBar)
  • dan lain sebagainya

7. Mengeksekusi Keyword

Setelah semua tahapan mencari kata kunci yang tepat untuk artikel yang anda ciptakan. langkah selanjutnya ialah mengeksekusi keyword. Tentu saja bila anda telah menemukan keyword yang tepat maka langkah selanjutnya ialah mengoptimasi keyword tersebut.

Penutup

Demikianlah cara riset keyword atau kata kunci paling jitu semoga saja apa yang saya informasikan tersebut dapat memberikan manfaat untuk kemajuan blog sobat semua. Dan bila sobat ingin lebih lagi memperoleh pengunjung yang banyak selain mengoptimasi keyword, sobat juga dapat memanfaatkan SEO off Page untuk lebih menaikan posisi artikel anda di search enggine. silahkan anda baca artikel berikut 6 Cara Rahasia Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO

Saya merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, berwatak keras kepala dan sangat mencintai dunia blogging serta desain.
"Love My Mom"

Previous
Next Post »