Arti Bootloop Serta Cara Mengatasi Bootloop di Android

Arti Bootloop Serta Cara Mengatasi Bootloop di Android

Arti Bootloop Serta Cara Mengatasi Bootloop di Android - Pada artikel ini, saya akan membahas apa itu bootloop dan cara mengatasinya. sobat pengguna android saya rasa pernah mendengar kata-kata seperti ini bukan, Tetapi untuk sebagian pengguna saya rasa ada yang belum menerapkanya.Pengertian android Bootloop adalah masalah yang terjadi di hampir semua gadget yang menjalankan sistem operasi android Smartphone maupun tablet


Arti Bootloop Serta Cara Mengatasi Bootloop Pada Android

Bootloop dan cara mengatasi bootloop


Bootloop adalah suatu problem atau masalah yang ada pada sistem android yang tidak bisa melakukan startup sebelum masuk di menu home, tetapi otomatis langsung kembali lagi ke state awal seperti disaat menghidupkan smartphone. nah masalah tersebut terjadi secara terus menerus dan mengakibatkan kita tidak dapat mempergunakan android . saya merekomendasikan agar tetap tenang dan sabar. Sebenarnya cara mengatasi bootloop di android ini sangat banyak hanya saja sedikit berbeda antara satu dengan yang lainnya. penting agar mengetahui terlebih dahulu penyebab android bootloop supaya kita dapat mengatasinya dengan tepat.

Terkadang kita terburu-buru jika mengambil tindakan ketika android dalam keadaan bermasalah. Oleh karena kondisi panik tersebutlah sehingga membuat kita langsung mencari apa saja cara untuk mengatasi bootloop tersebut, dan langsung menerapkan cara tersebut tanpa memikirkan apa yang akan terjadi nantinya tanpa memperhatikan masalah atau penyebab dan jenis android yang di pergunakan. Belum tentu cara yang didapatkan itu sesuai type android yang kita miliki bahkan kejadian ini bisa sangat beresiko dan semakin memperburuk masalah kerusakan di android anda .

Macam-macam Bootloop pada android:

1. Android Light Bootloop. Ini adalah tipe bootloop yang sangat mudah untuk diatasi apa penyebabnya. Light loop ini sering terjadi akibat penggunaan ponsel android dalam kondisi pemakaian normal, menginstall aplikasi, memainkan game tetapi tiba-tiba android restart dan ketika dinyalakan android bootloop hanya tampil di logo saja, ketika masalah tersebut kita yakin tidak mengotak-atik android apalagi bila masuk di dalam system yang berguna merubah file maupun recovery mode di android.

Cara Memperbaikinya: untuk mengatasi masalah ini cukup dengan mencabut baterai dari smartphone dan memasang kemudian mengaktifkan hp android anda kembali. Namun untuk perangkat seperti tablet terkadang sulit dilakukan karena baterai langsung terhubung dengan perangkat dengan cara disolder langsung sehingga kita harus melepas timah dahulu.

2. Android Medium Bootloop. Masalah Medium bootloop ini terjadi akibat pengguna mencoba mengoprek ponsel android yang dimiliki si pengguna. Sehingga Medium bootloop mengalami kerusakan tingkat menengah diakibatkan android masih dapat dihidupkan dan masih dapat masuk kedalam recovery mode.

Cara Memperbaikinya: Cara mengatasi bootloop dalam tahapan ini dibutuhkan pc windows serta file recovery image yang berguna merestore boot image, baik itu yang original ataupun CWM. cara tersebut dapat anda terapkan apabila sebelumnya telah pernah melakukan backup, Dan untuk yang belum melakukan backup akan membutuhkan file recovery melalui perangkat android type sama yang digunkan orang lain.

3. Android Hard Bootloop. Ini biasanya disebut hardbrick, ini merupakan tingkatan bootloop yang sangat berbahaya dikarenakan anda telah modifikasi file os android sebelumnya di hp android sobat, sehingga tidak dapat di booting ponsel android sobat dan yang tampil hanyalah logo android saja. Biasanya masalah ini dialami para pengguna yang telah melakukkan rooting dan modifikasi script contohnya mengubah font android, merubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi default android yang merupakan system default dengan aplikasi titanium backup, salah instal custom rom, Etc. Untuk masuk ke opsi recovery mode tidak akan dapat diterapkan di tingkatan hard bootloop android seperti masalah ini.

Cara Memperbaikinya: Cukup membutuhkan software yang tepat serta tutorial cara flashing yang tepat juga, karena hampir semua smartphone memiliki tipe hardware yang berbeda-beda. cara flashing ini juga tergantung dengan jenis chipset yang dipergunakan di Android.

Sekian pembahasan mengenai Arti Bootloop Serta Cara Mengatasi Bootloop Pada Android ini, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan dapat menambah refrensi sobat tentang android. terima kasih.

Saya merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, berwatak keras kepala dan sangat mencintai dunia blogging serta desain.
"Love My Mom"

Previous
Next Post »