Optimasi SEO Onpage di Blog Untuk Meningkatkan SERP

Optimasi SEO Onpage di Blog Untuk Meningkatkan SERP

Optimasi SEO Onpage di Blog Untuk Meningkatkan SERP - Optimasi SEO Onpage pada blog merupakan faktor penting dari sekian cara optimasi seo onpage berguna untuk memberikan kepercayaan situs blog website kita terhadap search enggine. Melakukan teknik on page ini tidak pernah dilupakan para pemain blog baikpun yang berflatform blogger, flatform wordpress atau jenis flatfrom lainya, semakin baik teknik optimasi seo on page di terapkan di situs web/blog maka blog akan memeiliki kepercayaan dari mesin pencari untuk menempatkan blog kita di halaman teratas SERP.

Selain penerapan seo off page di blog, penerapan onpage yang disukai mesin pencari ini juga sangatlah mudah untuk kita kerjakan, hanya saja kita harus sudah mengerti apa saja cara yang harus dilakukan. Banyak teknik yang dapat kita terapkan, hanya saja semua trik tersebut terfokus dari cara kita mengelola setiap kode yang terpasang di halaman blog agar disukai search engine.

Panduan Lengkap Optimasi Seo Onpage

Perlu anda ketahui bahwa Cara optimasi seo wordpress tidak jauh berbeda dengan optimasi seo on page blogspot. Sedangkan untuk menerapkan seo onpage didalam blog, di bawah berikut telah saya sediakan langkah apa saja yang harus anda kerjakan:

Optimasi SEO Onpage

#1. Title Tag
#2. Meta Description
#3. Alamat URL yang SEO
#4. Gambar dengan Atribut ALT
#5. Tag H1 pada Judul Artikel
#6. Menyisipkan Kata Kunci dalam 100 kata pertama
#7. Teknik Long Tail Keyword pada Judul
#8. Sertakan kata kunci LSI pada artikel
#9. Konten Berkualitas

#1. Title Tag

Title tag dalam penempatan keyword merupakan anjuran dari pakar SEO, kata kunci yang di tempatkan pada awal judul lebih relevan dibanding dengan kata kunci yang diletakkan di tengah maupun di akhir judul. Misalnya kita akan membuat judul "Backlink Berkualitas", setelah melakukan Riset keyword menggunakan google keyword planner maka judul artikel tersebut akan dikembangkan menjadi beberapa kata:

1. Backlink Berkualitas Untuk Blog
2. Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Jika terlepas dari faktor lainya, Dari kedua hasil judul diatas yang lebih diprioritaskan Google adalah judul di nomor 1, kata kunci Backlink Berkualitas di tempatkan di awal judul, dan di judul yang kedua kata kunci ditempatkan di bagian akhir.

Garis bawah yang dapat kita simpulkan dari teknik title tag ini, sebaiknya setiap kali kita membuat artikel, kata kunci sebaiknya kita tempatkan di awal judul artikel agar lebih SEO di SERP.

#2. Meta Description

Memanfaatkan fitur meta description dalam menempatkan deskripsi mengenai judul yang kita buat. Biasanya deskripsi artikel tidak lebih sebanyak 160 karakter. Deskripsi merupakan faktor kedua untuk menarik perhatian pengunjung agar memasuki artikel tersebut. Maka saran saya sebaiknya anda harus benar-benar memperhatikan penulisan meta description, ciptakan meta description yang menarik perhatian pengunjung. Misalnya menambahkan kata Terpopuler, Terbaik, Terlengkap . Dan jangan lupa untuk menggabungkan kata kunci didalamnya, misalnya judul "Backlink Berkualitas Terbaru 2015".

#3. Alamat URL yang SEO

Seringkali kita memperhatikan penulisan alamat url pada halaman blog/web yang berbeda-beda. Ada yang mudah untuk di ingat dan ada juga yang terputus pada bagian kalimatnya sehingga sulit dimengerti. Contoh URL yang tidak SEO :
http://www.heart.org/HEARTORG/Conditions/More/ConsumerHealthCare/A-Guide-to-Understanding-Clinical-Trials_UCM_426055_Article.jsp
 
Contoh diatas merupakan URL yang membuat rasa percaya pengunjung berkurang untuk memasuki artikel anda, perhatikan saja url tersebut sanga sulit dimengerti. Nah, sebaiknya anda membuat url yang cukup efektif dan sependek mengkin seperti contoh berikut :
http://www.heart.org/A-Guide-to-Understanding-Clinical-Trials.jsp

Contoh seperti url tersebutlah yang terlihat SEO karena memiliki kalimat singkat, jelas dan mudah dipahami. Pertanyaanya, Kenapa URL juga penting dalam optimasi seo onpage?, alasanya sama seperti title tag dan isi artikel yang saya jelaskan. alamat url juga dipakai mesin pencari untuk mengetahui niche artikel yang kita buat.

#4. Gambar dengan Atribut ALT

Menyisipkan gambar didalam postingan merupakan salah satu faktor memperkuat seo onpage yang memperkuat kualitas artikel anda, menambahkan gambar membuat artikel tampak lebih hidup, interaktif dan membuat pengunjung tidak merasa bosan untuk lebih berlama-lama lagi di blog untuk mencari artikel terkaitnya, sehingga kita akan mendapatkan nilai tambahan dari SERP untuk Bouncing out rate.

Silahkan anda masukan gambar pada artikel yang membutuhkan gambar untuk meyakinkan pengunjung, agar gambar seo di search enggine, saya menganjurkan untuk menambahkan atribut alt tag di setiap gambar, usahakan nama gambar sama dengan keyword konten yang ingin dijelaskan. Lalu sebaiknya anda mengatur ukuran gambar sesuai dengan tampilan yang tepat untuk artikel, Mengkompress gambar juga dapat anda lakukan agar tidak berpengaruh kepada kecepatan loading halaman blog anda.

#5. Tag H1 pada Judul Artikel

Usahakan setiap judul artikel anda letakan pada tag H1, tag H1harus berada di dalam setiap artikel ang anda buat dan jumlahnya maksimal satu, tidak diperbolehkan lebih. Tag H1 berperan kuat dalam SEO onpage, berdasarkan percobaan bahwa artikel yang tidak mempunyai Tag H1 dibandingkan dengan artikel yang mempunyai tag H1, artikel yang disematkan H1 didalamnya akan berpeluang lebih baik di SERP.

#6. Menyisipkan Kata Kunci dalam 100 kata pertama

Google sangat menghargai artikel yang memiliki kata kunci di dalam 100 kata pertama. Artikel yang baik setidaknya memiliki 1 kata kunci yang di ulang dalam artikel. Dan sangat disarankan, peletakan kata kunci di dalam 100 kata pertama pada artikel, kata kunci diletakan lebih awal, sehingga mengindikasikan bahwa halaman tersebut penting untuk di crawler.

#7. Teknik Long Tail Keyword pada Judul

Long tail keyword merupakan keyword yang dikembangkan menjadi 5 suku kata atau lebih, meskipun keyword terdiri dari 5 suku kata atau lebih tidak akan terlihat saat kita masukan pada pencarian riset keyword, tetapi para visitor lebih banyak melakukan pencarian dengan bentuk kata kunci tersebut. Saran saya sebaiknya anda menambah suku kata di awal ataupun di akhir judul, dengan kata yang menarik perhatian seperti contoh : Terbaru, Terpopuler, Terbaik, Gratis, Luar biasa, Cepat, Dll.

#8. Sertakan kata kunci LSI pada artikel

Latent Semantic Indexing ang berarti kata kunci turunan yang mempunyai relasi dengan kata kunci yang di bidik, saya menganjurkan untuk memasukan kata kunci LSI setidaknya 1 dalam artikel yang hendak anda buat. Dengan menyisipkan kata kunci LSI didalamnya maka artikel yang kita buat akan mempunyai peluang besar untuk masuk pada peringkat teratas hasil pencarian google. Untuk menemukan kata kunci LSI, di artikel berikut saya akan menjelaskan khusus kepada anda semua.

#9. Konten Berkualitas

Ciptakanlah artikel yang berkualitas, artikel dengan relevansi baik dengan kata kunci yang kita bidik, dan jangan mencoba membuat artikel copy paste tanpa mengetahui triknya. Artikel yang baik di search engine akan memberikan backlink point yang artinya setiap backlink yang di tujukan ke artikel tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat saya informasikan mengenai Cara melakukan Optimasi SEO Onpage pada Blog, sangat mudah untuk diterapkan.

Dan bagi sobat yang sedang merasa jenuh dalam dunia blogging atau malas untuk menciptakan artikel, berikut saya berikan tipsnya kepada anda 5 Tips Jitu Menghindari Rasa Malas Dalam Neblog.

Saya merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, berwatak keras kepala dan sangat mencintai dunia blogging serta desain.
"Love My Mom"

Previous
Next Post »