Cara Backup dan Restore Data Smartphone Android

Cara Backup dan Restore Data Smartphone Android

Cara Backup dan Restore Data Smartphone Android - Untuk pengguna yang masih canggung menggunakan hp android pasti memerlukan informasi Cara Backup dan Restore Data Smartphone Android ini. Tutorial ini Tidak sama seperti perangkat ponsel Apple iOS yang sangat mudah untuk membackup data di iTunes dan merestore kembali ke perangkat ponsel yang baru.

Sebenarnya Google telah memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mengunduh kembali aplikasi-aplikasi tertentu dari google app store, tetapi data itu belum tentu bisa di restore walau menggunakan google android Backup Api sekalipun. Seperti yang di informasikan Google di situs Android Developer jika "Android Backup Service tidak menjamin akan selalu membackup data yang menggunakan layanan dari Google". Tetapi Vendor samsung serta HTC telah menyediakan software yang berfungsi membantu anda mentransfer data dari hp android yang lama ke yang baru, Tetapi masih memiliki keterbatasan.

Cara Backup dan Restore Data Smartphone Android

Salah satu perangkat terbaik untuk transfer data dari Apple iPhones dan perangkat BlackBerry adalah Samsung Smart Switch, tetapi aplikasi tersebut juga masih memiliki keterbatasan karena tidak mampu mentransfer data melalui smartphone android lainya. HTC Sync Manager juga memiliki keterbatasan seperti samsung smart switch, ditargetkan hanya kepada mantan pengguna iPhone atau yang telah mengupgrade model HTC dari tipe sebelumnya.

Nah, apabila anda berkeinginan memindahkan seluruh file ke hp android baru, dibawa ini akan saya bagikan tutorialnya tetapi untuk membackup aplikasi sebainya ponsel telah di root lebih dulu. Baca Cara Cepat Root Android Tanpa PC

Unduh aplikasi terlebih dahulu

Super Backup (gratis) berfungsi membackup data pesan teks secara keseluruhan, riwayat panggilan, kalender dan bookmark. Sedangkan untuk backup aplikasi, android harus di-root lebih dulu. Sebaiknya ponsel di root diluan sebelum mengembalikan data aplikasi agar semua data tidak hilang nantinya.

Setelah aplikasi super backup diinstal, Anda sudah bebas menjadwalkan backup dan mengupload file-file penting ke Gmail. Selain itu Aplikasi ini bisa digunakan me-restore SMS, bookmark, riwayat panggilan, kalender, Tetapi untuk me-restore data aplikasi, Sebaiknya Anda harus me-root ponsel terlebih dahulu.

Google restore

Sistem operasi Google Android telah meyediakan beberapa pilihan backup untuk sejumlah bagian ponsel android Anda, Layanan tersebut juga dapat me-restore secara otomatis bagian backup tertentu ketika ponsel diatur ulang. Tetapi seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa tidak ada garansi untuk OS ini akan selalu membackup data Anda.

Kontak

Ketika masuk ke akun Google melalui perangkat smartphone Android, dengan otomatis daftar kontak akan tersinkronisasi dengan akun gmail Anda tersebut. Jika belum tersinkronisasi, caranya cukup mudah yaitumasuk ke Settings > Accounts > Google > akun Google Anda dan centang seluruh kolom kontak yang tersedia.

Foto

Untuk pengguna Dropbox, akan sangat mudah mensinkronisasi foto dari folder Dropbox sebagai backup, atau bisa juga menggunakan Google+. Tetapi sebaiknya pastikan Camera Upload telah anda aktifkan, sedangkan Google+ silahkan aktifkan Auto Backup lebih dulu. Cara tersebut akan otomatis mengupload foto dan video yang diambil melalui smartphone ke album pribadi Anda di Google+. Foto dan video tetap dalam privasi sampai anda membagikanya sendiri. Baca Juga Cara Menyembunyikan File Foto & Video di Android

Musik dan video

Ini salah satu masalah yang sedikit ribet karena file Lagu dan video klip telah tersimpan di ponsel, jadi apabila Anda ingin menyimpannya sebaiknya anda harus membackupnya secara manual dengan menyalin satu persatu lalu menyalinnya ke perangkat ponsel baru Anda. File-file musik dan video biasanya terletak di dalam folder Musik atau Video. Hal menariknya yakni file-file tersebut telah tersimpan di PC, jadi sangat mudah untuk disalin ulang ke ponsel baru.

Setelah di backup, apa langkah selanjutnya?

Jika melakukan setting ulang smartphone baru (RESET ULANG) , Google akan memberikan pilihan "apakah anda akan me-restore aplikasi ketika Anda sign-in akun". Kemudian anda bisa menginstal ulang aplikasi Super Backup. Untuk merestore data backup SMS yang terakhir Anda simpan, sebaiknya pergunakan Super Backup untuk mengembalikan file-file tersebut. Baca Cara Masuk Recovery Mode untuk Reset Ulang Android

Untuk Daftar kontak akan tersinkronisasi otomatis ketika masuk ke akun Gmail anda, untuk foto yang tersimpan di Google+, Anda bisa mendapatkanya kembali dengan mendownload atau sekedar melihat file-file tersebut ketika masuk ke akun Google+ melalui browser di PC. Cara ini cukup ribet karena tidak  dapat mendownload langsung melalui aplikasi.

Saran dari kami sebaiknya gunakan Dropbox karena fiturnya yang membuat kita bebas memilih gambar yang ingin di unduh langsung ke ponsel. Sedangkan untuk me-restore musik dan video, Anda cukup menyalin file backup anda dari PC dan mengembalikanya ke ponsel Android baru Anda.

Mem-backup percakapan WhatsApp

Untuk pengguna WhatsApp anda bisa masuk ke halaman pendukung mengenai perincian instruksi. Anda akan disarankan mendownload file aplikasi penjelajah aplikasi, seperti  aplikasi Astro File Manager. Tujuanya untuk menjaga segala sesuatunya tetap bekerja. (Dl/cnet)

Saya merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, berwatak keras kepala dan sangat mencintai dunia blogging serta desain.
"Love My Mom"

Previous
Next Post »