Cara Instal Custom ROM Android dengan ROM Manager

Cara Instal Custom ROM Android dengan ROM Manager

Menginstal Custom ROM di perangkat Android merupakan tutorial cara yang mudah dan tidak terlalu sulit. Karena telah tersedia sebuah aplikasi yang akan mempermudah dan lebih mempercepat pekerjaan kita untuk menginstal sebuah Custom ROM nama aplikasinya yakni ROM Manager. Dengan menggunakan aplikasi ini kita tidak perlu direpotkan lagi mematikan perangkat kemudian masuk ke recovery mode dengan cara menekan beberapa bagian tombol lebih dahulu, dengan aplikasi ini kita bisa langsung untuk menginstal ROM.

NOTE: Pada sebagian perangkat yang tidak tersedia dalam list ROM aplikasi, ROM Manager tidak mampu bekerja dengan sempurna. Nah jika anda ingin mencobanya silahkan ikuti tutorial dibawah tetapi kami tidak bertanggung jawab apabila terjadi error atau masalah di perangkat anda, Oleh karena itu saya menyarankan agar tidak melakukanya pada perangkat yang tidak sesuai atau kompatibel dengan aplikasi ini.

Baca Juga Kekurangan dan Kelebihan Android yang telah di ROOT

Bahan :
  • Perangkat yang sudah dalam keadaan ROOT dan seudah terinstal CWM ClockworkMod Recovery
  • Custom ROM dan GoogleApps terbaru

Silahkan Pilih Google Apps terbaru Dibawah ini :
  • Google Apps untuk CyanogenMod – Disini
  • Untuk Android 4.2 Jelly Bean - Proses
  • Untuk Android 4.1.1 – 4.1.2 Jelly Bean – Disini
  • Untuk Android 4.0.3 – 4.0.4 Ice Cream sandwich – Disini
  • Untuk Android 2.3.5 – 2.3.7 GingerBread – Disni
  • Google Apps untuk Slimbean ROM - Disini

Cara Mudah Instal Custom ROM Android Dengan ROM Manager


Tutorial 1 : Download Custom ROM

Cara Instal Custom ROM Android dengan ROM Manager di Android

Silahkan cari Custom ROM yang kompatibel dengan tipe perangkat anda dan yang sesuai dengan keinginan anda, anda bisa mengunduhnya langsung dari website atau forum dan jangan lupa untuk mengunduh Gapps. Setelah semua di download silahkan simpan di SD Card dan tidak memasukan ke folder apapun pada SdCard, itu untuk lebih mempermudah pencarian nantinya.

Tutorial ke 2 : Download ROM Manager dari Google Play Store


Anda bisa memilih versi premiumnya tetapi jika tidak ingin anda juga bisa mendapatkan versi gratisnya. Kemudian Instal aplikasi ini pada perangkat android anda yang telah di root.

Tutorial ke 3 : Jalankan ROM Manager


Pilih “recovery setup”, kemudian pilih custom recovery seperti ClockworkMod ataupun TWRP. Ketika anda menggunakan ROM Manager, sebaiknya anda perlu untuk mengetahui Custom Recovery apa yang telah digunakan pada perangkat android anda. Tujuanya untuk mempermudah anda dalam memperbarui Custom Recovery apabila anda menggunakan ClockworkMod Recovery.


Dan bila tidak menggunakan Clockworkmod Recovery tersebut tetapi ingin menginstalnya, silahkan instal melalui aplikasi ini juga. (Hanya untuk perangkat yang belum tersedia CWM RECOVERY)

Tutorial ke 4 : Membuat backup ROM lama yang digunakan


Pada menu back-up and restore di ROM Manager, silahkan anda tap “Backup Current ROM” kemudian kasih nama pada file backup lalu tap OK. Secara otomatis ROM Manager akan me-reboot perangkat android anda untuk membuat backup.

Tutorial ke 5 : Meng-Install Custom ROM


Di bagian ROM Manager silahkan tap “Install ROM from SD Card”, lalu pilih file ROM yang telah anda download sebelumnya tadi di SD card.


Nanti akan ditampilkan halaman pre-installation dan ada pilihan opsi wipe data and cache. Apabila anda menginstal ROM baru sebaiknya anda disarankan melakukan wipe data and cache. Kemudian Tap “Reboot and Install” selanjutnya proses instal akan dijalankan otomatis ketika perangkat di-reboot. ROM Manager masih terpasang walaupun instalasi ROM. Dengan menggunakan bantuan versi gratis ROM Manager, anda harus melakukan langkah ini dua kali. Fungsi yang pertama untuk ROM sedangkan kedua untuk instal Gapps.

*Untuk itu anda perlu mengulangi langkah pada tutorial ke 5 untuk menginstal Gapps atau Google apps.

Langkah Alternatif

install rom langsung melalui ROM Manager

Kamu bisa saja untuk download dan install rom langsung melalui ROM Manager, tetapi pada versi gratis ini tidak tersedia sumber ROM yang banyak. Tetapi bila anda memiliki versi premium ROM Manager maka nanti anda akan langsung medapatkan info kalau ada versi baru tersedia untuk Custom ROM yang sedang digunakan perangkat android anda.

Saya merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, berwatak keras kepala dan sangat mencintai dunia blogging serta desain.
"Love My Mom"

Previous
Next Post »