Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot di Android

Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot di Android

Masalah internet lemot atau lambat loading di Android merupakan hal yang sangat menjengkelkan karena kita dibuat harus menunggu. Padahal Sebelumnya Android ketika kita buka browsing, chating, media sosial, maupun ketika mendowload loading sangat cepat. Lambatnya loading internet akan membuat kenyamanan kita merasa terganggu ketika browsing di hp android. Apabila mengalami masalah seperti itu saya akan coba memberikan beberapa tips cara mengatasi internet lemot di android.

Cara mengatasi internet lemot di Android


Cara Mengatasi Internet Lemot di Android

1. Pastikan Daerah anda sudah Terdaftar jaringan 3G

Jaringan 3G adalah jaringan akses data yang saat ini masih tergolong koneksi yang sangat cepat apabila bandingkan dengan tipe jaringan 2G EDGE, Apabila di daerah anda akses internet di Android belum terdaftar jaringan 3G,  mungkin saja internetan terasa lemot diakibatkan jaringan yang masih digunakan di android anda masih menggunakan tipe koneksi 2G EDGE.


2. Gunakan mode jaringan 3G untuk akses internet.

Sebaiknya setting tipe jaringan android anda ke jaringan 3G, Jika lokasi anda dengan jaringan 3G masih jauh dari jangkauan  maka dengan otomatis akses jaringan di Android akan dialihkan ke jaringan 2G yang merupakan tipe jaringan terkuat dibawah 3G.

Untuk mengganti tipe koneksi internet di Android caranya masuk ke Menu Pengaturan > Nirkabel dan jaringan > Jaringan seluler > Mode jaringan. Nah di mode jaringan anda pilih mode jaringan yang ingin anda pergunakan di Android "WCDMA saja" atau "3G saja". Dengan settingan tersebut akses jaringan di Android akan beralih ke jaringan 3G.

NOTE !!! Apabila diwilayah anda jaringan 3G belum terjangkau maka Android tidak akan mendapatkan sinyal sama sekali, Sebaiknya anda kembalikan pengaturan mode jaringan ke mode otomatis atau GSM/WCDMA.

3. Bersihkan cache dan history

Cache dan history sangat berpengaruh untuk kecepatan internet. Selain efeknya yang dapat menurunkan peforma Android, cache dan history pemakaian android yang telah menumpuk terlalu banyak juga akan mengganggu kestabilan koneksi internet dan bisa mempengaruhi koneksi internet di Android menjadi lemot.

Solusinya yaitu menghapus file cache android secara rutin supaya cache tidak menumpuk dan tidak mengganggu kinerja android anda serta koneksi internet di Android yang anda miliki. Untuk menghapus cache di Android anda bisa menggunakan aplikasi khusus untuk membersihkan file cache dan history di Android. Silahkan anda download di play store secara gratis.

4. Wipe data atau factory reset Android.

Nah apabila 3 langkah diatas masih belum mampu mengatasi internet lemot di Android, anda dapat melakukan cara terakhir yakni melakukan wipe data / factory reset. Wipe data atau factory reset berfungsi untuk mereset atau mengembalikan pengaturan dan data Android ke setelan pabrik.

Cara Factory Reset di Android bisa dilkakukan dengan masuk ke menu Pengaturan > Cadangkan & setel ulang > Reset perangkat > Hapus data. Tunggu sampai proses reset selesai dikerjakan.

Note : Untuk mengatasi data agar tidak terhapus ketika melakukan factory reset, anda bisa melakukan backup terlebih dulu di android anda, caranya cukup mengikuti tutorial berikut : Cara Backup dan Restore Data Smartphone Android

Sedangkan untuk Cara reset Android yang kedua yaitu masuk ke menu recovery mode, pada menu recovery pilih menu "wipe data factory reset dan wipe cache partition" kemudian Restart Android dan tunggu sampai proses selesai. Lihat disini  caranya.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi akses internet lemot di Android, Semoga tips ini membantu anda mengatasi loading internet yang lambat di android anda.

Saya merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, berwatak keras kepala dan sangat mencintai dunia blogging serta desain.
"Love My Mom"

Previous
Next Post »