Kelebihan dan Kekurangan Android yang di Root

Kelebihan dan Kekurangan Android yang di Root

Selesai membaca artikel kali ini, pasti Anda memiliki keinginan untuk melakukan root pada smartphone Android, atau Kamu berniat berencana untuk melakukan tutorial root dalam waktu dekat ini. Tetapi artikel ini mengenai , apa istimewanya setelah melakukan root, dan apa yang membuat pengguna android banyak melakukan hal itu? Contohnya seperti ketika ingin menghapus aplikasi dari sistem bawaan android yang tidak dipakai, melakukan flash custom ROM melalui bantuan pihak ketiga, overclock CPU serta masih banyak lagi hal-hal menarik lainya yang dapat anda lakukan jika Android telah di root.

Pada artikel ini saya telah mengumpulkan beberapa hal yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya yang bisa Anda lakukan dengan mudah di smartphone Android yang telah di root. Anda akan saya bawa belajar lebih mengerti beberapa aplikasi yang tersedia dan kegunaanya yang cukup menarik dan membuat anda berniat melakukan root. Baca beberapa fitur yang anda dapatkan dengan Android yang telah dirooted berikut.

Catatan: Rooting juga cukup berisiko bagi yang belum terbiasa mengoprek software, jadi pikir dahulu hal tersebut sebelum melakukanya. Seperti melakukan kegiatan hack akan membuat brick smartphone atau tablet. Berani Root resiko tanggung sendiri!

1. Menyingkirkan bloatware

Smartphone Android diluncurkan biasanya dengan pre-loaded dengan perangkat lunak yang jarang dibutuhkan. Aplikasi tersebut dikenal dengan bloatware. Tetapi ada trik untuk menonaktifkanya, atau bisa langsung menghapus perangkat lunak jika tidak dibutuhkan. Gemini App Manager, aplikasi ini cocok untuk memberhentikan aplikasi saja yang tidak dibutuhkan tetapi sedang berjalan di ponsel anda, atau memungkinkan untuk menghapus mereka.

Menyingkirkan dan menghapus bloatware

2. Instal custom ROM

Custom ROM dikatakan keren karena sipengguna merasakan lebih cepat daripada firmware asli bawaan smartphone. Untuk Meng-instal custom ROM juga memiliki prasyarat, salah satunya handset yang telah rooted serta dilengkapi dengan unlocked bootloader. Itu karena hanya dengan perangkat yang telah di root yang bisa menghapus dan mengganti file bawaan dari sistem operasi.

Instal custom ROM

3. Menggunakan pengontrol Sixaxis untuk bermain game

Memainkan game River Raid di emulator favorit Atari 2.600 for Android jauh lebih asik dibandingkan dengan menggunakan kontrol fisik. Kecuali anda menggunakan kontroler PlayStation Sixaxis di perangkat Android anda yang telah di root

Menggunakan pengontrol Sixaxis untuk bermain game

4. Overclock CPU Anda

Overclocking atau memaksa prosesor supaya mampu berjalan sesuai kecepatan clock yang lebih tinggi dari yang telah direkomendasikan pada spek ponsel. Cara tersebut akan mengakibatkan peningkatan kinerja, bisa jadi hanya menyebabkan masalah stabilitas, CPU juga akan jadi lebih cepat panas ketika berjalan di overdrive. Jadi tidak asing lagi saat aplikasi overclocking akan membutuhkan akses root. SetCPU yaitu sebuah aplikasi yang mampu mengatasi pekerjaan ini, tetapi ingat Resiko sendiri.

Overclock CPU Anda

5. Menggunakan Wi-Fi hotspot dengan gratis

Sebagian operator wireless tidak menyarankan agar pengguna berbagi koneksi internet secara bebas dari smartphone yang mereka gunakan ke perangkat lain. Sebaliknya, fitur tersebut memerlukan biaya setiap bulanya. Tetapi para pengguna root bisa menyiasati keterbatasan tersebut, untuk mengatasi masalah tersebut telah disediakan aplikasi seperti Wireless Tether. Seghingga bisa terhubung ke Perangkat lain, seperti laptop, tablet, smartphone, hanya dengan menggunakan handset rooted melalui Wi-Fi atau Bluetooth untuk mengakses internet.

Menggunakan Wi-Fi hotspot dengan gratis

6. Merekam video dari layar Anda

Cara mudah untuk merekam video langsung dari antarmuka Android smartphone yaitu menggunakan bantuan aplikasi seperti Screencast Apk. Aplikasi tersebut bisa menangkap rekaman halus apapun yang sedang ditampilkan, kemudia menyimpannya dalam bentuk format MP4.  Audio bisa langsung direkam menggunakan mikrofon smartphone.

Merekam video dari layar Anda

7. Membackup data keseluruhan

Back up data akan terasa lebih mudah dibandingkan dengan Titanium Backup, ini adalah salah satu aplikasi yang paling populer untuk para pengguna root di Play Store. Aplikasi tersebut bisa menyimpan keseluruhan data Anda dengan aman, seperti halnya aplikasi yang telah diinstal, aplikasi sistem, serta apa pun data anda yang tersimpan di kartu microSD Anda.

backup segalanya

8. Menghapus advertisement

Aplikasi Android AdFree ini sangat bermanfaat, karena fungsinya mencegah iklan yang sangat mengganggu tampil di android. Cara kerja aplikasi itu dengan meniadakan permintaan satu set nama host, sehingga membuat aplikasi menghentikan iklan yang hendak ditampilkan. Bisa digunakan pada browser web dan ad-supported applications, serta aplikasi ini akan memblokir sejenis advertisement.

Menghapus advertisement

9. Mengubah resolusi layar

Ada sesuatu alasan yang membuat pengguna mengubah resolusi layar perangkat Android mereka, baik itu karena kurang puas akan ukuran ikon dan teks, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bernama LCD Resolution. Aplikasi tersebut bekerja mengurangi atau meningkatkan sistem DPI, yang membuat ikon, teks, widget, semua itu tergantung bagaimana Anda ingin mengaturnya. Karena beberapa interface asli dari produsen terlihat asing, tetapi menggunakan aplikasi dari pihak ketiga ini akan membuatnya bekerja lebih baik.

Mengubah resolusi layar

Kekurangan Root di Android


1. Menghilangkan Garansi Android Anda. Android telah di Root memang menyediakan banyak fitur keren, tapi dari kenikmatan tersebut pasti ada konsekuensinya yakni harus rela kehilangan garansi pada Android kita. Kenapa bisa? Karena melakukan Root, kita telah mengotak atik pengaturan bawaan pabrik yang telah di rancang sedemikian rupa.

2. Masalah Keamanan Pada Android. Melakukan Root Android akan menghapus keamanan android. Tapi sekarang sudah banyak cara untuk mengatasinya seperti beberapa Vendor Antivirus ternama yang telah disediakan di perangkat Android seperti Kaspersky, ESET, Bitdefender, Avast maupun AVG yang bisa dipasang di android untuk menambah keamanan yang sebelumnya hilang saat melakukan root.

Saya merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, berwatak keras kepala dan sangat mencintai dunia blogging serta desain.
"Love My Mom"

Previous
Next Post »