Begini Cara Upgrade Android Galaxy J5 Ke Marshmallow dengan Benar

Untuk anda para pengguna android terutama dengan tipe smartphone samsung galaxy J5 (SM-J500G) saya ucapkan selamat karena device ini telah resmi mendapat upgrade atau pembaharuan perangkat lunak sistem sehingga versi android dapat anda tingkatkan (upgrade) ke versi Android 6.01 Marshmallow.

Pembaruan sistem kali ini sebenarnya telah dirilis beberapa bulan yang lewat hanya saja kami baru membagikanya sekarang karena ada waktu untuk mempostingnya dan yang pasti pembahruan kali ini akan memberikan banyak pembaharuan signifikan pada sistem UI dan fitur serta antar muka yang lebih keren.

TouchWiz merupakan dari UI resmi pabrikan smartphone Samsung, selain itu kalian juga akan mendapat beberapa fitur tambahan Android yang akan semakin meningkatkan kenyamanan pada pengguna perangkat J5 anda.

Adapun fitur tambahan yaitu Google Now on Tap, kontrol lebih baik atas aplikasi, daya tahan baterai yang lebih lama karena bantuan dari Doze dan pola getaran baru pada notifikasi, serta fitur terbaru lain.

Selain dari fitur yang kami sebutkan diatas tersebut, kalian juga akan mendapat aplikasi tambahan setelah upgrade yaitu aplikasi kesehatan bernama S Health.

Sebenarnya, Aplikasi S Health telah tersedia dalam perangkat samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge , hanya saja sengaja tersedia di galaxy j5 supaya kalian dapat lebih mempermudah dalam pengecekan kesehatan anda.

Bagi anda yang saat ini mempunyai keinginan untuk mendapatkan pembaruan sistem pada Galaxy J5 bisa memilih salah satu metode yaitu dengan VIA OTA maupun Upgrade Secara Offline.

Peringatan

Sebelum lanjut kedalam tutorial, saya tidak bertanggungjawab apabila terjadi kerusakan di perangkat Samsung Galaxy J5 yang anda gunakan ketika mengikuti cara ini. Segala sesuatunya menjadi tanggung jawab anda.

Syarat untuk Upgrade Android Galaxy J5 SM-J500G VIA OTA 

VIA OTA artinya kalian bisa langsung dowload pembaharuan langsung melalui file update yang diperlukan dari perangkat smartphone android anda.

Sebaiknya kuota internet tersedia banyak Karena untuk download file ini memerlukan size file yang besar, Selain itu sangat PENTING untuk anda ikuti syarat dibawah ini demi mengatasi kegagalan upgrade.

#1. Baterai dalam Kondisi full 100%

Daya baterai dalam keadaan terisi 80% - 100%, syarat ini mutlak karena untuk menghindari kehabisan baterai ketika proses upgrade pada penginstalan sistem yang bisa mengakibatkan kerusaan fatal yang membuat terjadi Bootloop maupun mati total.

Tetapi jika kamu saat ini sedang mendownload, kami sarankan untuk anda batalkan dan mengisi baterai atau cara baiknya dengan mengisi daya sambil menjalankan update sistem.

#2. Perangkat tidak dalam kondisi root

second rules, perangkat samsung j5 dalam keadaan tidak dalam di root. tetapi jika dalam keadaan seperti itu sebaiknya anda unroot lebih dahulu, Tujuan hal tersebut untuk mengantisipasi terjadi crash pada sistem yang diakibatkan adanya perubahan yang telah sipengguna lakukan selesai melakukan rooting sistem perangkat android.

#3. Setidaknya tersedia 1GB ruang kosong dalam memory internall

Memori tersedia 1gb, karena untuk menginstall firmware baru ini memiliki ukuran 800 MB lebih, jadi jika kapasitas memori internal anda saat ini dibawah 800mb jangan coba untuk mengikuti tutorial ini. Sebaiknya pastikan ruang memori Samsung Galaxy J5 cukup.

Jika kurang maka kami sarankan kalian hapus file yang tidak dibutuhkan seperti foto, musik, dan video yang terisi di memori internal atau memindahkanya ke SD card atau laptop (komputer).

#4. Tersedia paket data setidaknya 1,5GB

ketika menjalankan upgrade, anda akan mendapat pemberitahuan ketika proses download sebaiknya anda menggunakan jaringan internet yang kencang atau bisa dengan Wifi.

Pokoknya saran kami jangan coba coba membeli paket 1GB, karena sebelumnya saya mengupdate VIA OTA menggunakan kuota1,5 GB data internet yang tersisi tinggal 300 MB yang berarti telah memakan paket 1,3GB.

Setelah kalian mengikuti syarat diatas, silahkan ikuti tahap berikut untuk proses update samsung J5 ke Marshmallow.

Cara Upgrade Android VIA OTA

Jika menggunakan OTA (800 MB) kalian bisa masuk pada menu smartphone > Pengaturan > Tentang Perangkat > Pembaruan Perangkat Lunak > Cek Pembaruan ,  berikut merupakan screenshoot dalam proses Upgrade Android via OTA :





Jika tersedia, kalian akan disuguhkan pesan mengenai pembaruan langsung yang sedang di download langsung dari perangkat.

Cara Ugrade Android Offline

Tidak berbeda dengan cara online maupun offline, ada hal hal penting yang wajib kalian persiapkan untuk proses update agar berjalan lancar yakni :

A. Komputer (PC), kami sarankan menggunakan laptop supaya menghindari berhentinya proses update dikarenakan padam listrik.

B. Seperti VIA OTA, Baterai perangkat ponsel telah terisi daya baterai sebanyak 80% - 100%

C. Perangkat dalam keadaan unlock Developer Mode atau artinya dalam Mode Pengembang

D. Driver USB samsung, software ini sangat dibutuhkan supaya perangkat J5 bisa terbaca sistem operasi windows pc/laptop

E. Odin multi downloader v.3.10, tool ini sangat berperan penting untuk menginstall fimrware pada perangkat.

F. Firmware Samsung Galaxy J5, kalian bisa peroleh dengan download firmware yang sesuai perangkat yang kalian gunakan.

Cara Install Firmware Via Odin


Centang Auto Reboot dan F.Time Resete
  1. Matikan (shutdown) perangkat > masuk ke DOWNLOAD MODE dengan cara tekan tombol (Home + Power + Volume Bawah) secara bersamaan
  2. Tampil peringatan, "menginstall firmware dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat", untuk ini silahkan kalian lewatkan dan tekan tombol volume atas sekali
  3. Buka lalu jalankan Odin Multi Downloader, kemudian sambungkan perangkat menggunakan kabel data ke port usb komputer maupun pc dan silahkan sobat tunggu sampai tool odin membaca perangkat samsung dengan tampilnya tanda biru bertulis COM26 (berbeda setiap perangkat)
  4. Centang pada opsi Auto Reboot dan F.Time Reset
  5. Pada tombol AP bagian kanan kalian pilih firmware Samsung Galaxy J5 SM-J500G yang berekstensi TAR.MD5 yang telah anda download sebelumnya dan telah di ekstrak melalui Winrar.
  6. Keluar pesan “Checking md5 succesfully” dan “ leave css
  7. Klik start,  Proses update berjalan dan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. jika proses selesai maka perangkat akan reboot otomatis
  8. Booting akan memakan waktu yang lumayan lebih lama dibanding biasanya. hal itu karena sistem mendapat pembaharuan yang berbeda dari keseluruhan hardware perangkat yang telah di upgrade.
  9. Jika proses boot telah selesai, maka akan ada proses install aplikasi yang juga membutuhkan waktu yang lumayan lama.Silahkan sabar menunggu

Proses Sampai disini, dan selamat karena sukse menjalankan update versi android J5 SM-J500G anda ke android marshmallow versi 6.0.1.
Jika artikel ini bermanfaat silahkan like dan share kepada teman anda.

0 Response to "Begini Cara Upgrade Android Galaxy J5 Ke Marshmallow dengan Benar"

Posting Komentar

INFO :
- Komentar yang bertujuan mempromosikan Obat dan promosi lainya menggunakan Link mati / aktif Tidak akan PUBLISH !
- Dan Silahkan Follow ( Join With us ) 100% saya Akan Follow back anda .